8 Jenis Bahan Kain Mosscrepe Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Bahan kain Crepe adalah salah satu jenis kain yang mempunyai tekstur seperti hanya kulit jeruk, “Crepe” pada permukaan kainnya ini. Tekstur tersebut ternyata yang menjadi daya tarik tersendiri untuk bahan kain Crepe ini. Di tambah lagi terdapat banyak pilihan tekstur dan juga jenisnya yang sangat bervariatif. Mulai dari tekstur Crepe yang paling jelas yaitu Bubble Crepe dan yang sangat halus adalah Wolly Crepe.

Setiap jenis bahan kain Crepe ini mempunyai keunggulan dan karakteristik kain yang sangat berbeda. Ada yang elastis dan juga ada yang tidak, serta masing-masing juga mempunyai ketebalan yang berbeda pula. Bahkan, salah satu diantaranya ada yang sangat tipis serta transparan, yaitu Barbie Ceruti atau Baby Doll.

Bahan Moss Crepe

Bahan Moss Crepe

Kain Moss Crepe

Moss Crepe, adalah anggota keluarga Crepe dengan memiliki tekstur jeruk seperti butiran pasir yang tersusun. Apabila dilihat dari jarak dekat, memang kain ini seperti ada pasir-pasir yang menempel pada permukaan kainnya. Padahal, sebenarnya bagian dari serat kain itu sendiri.

Jika anda berkesempatan untuk meraba bahan kain Moss Crepe ini, anda akan merasakan tekstur seperti butiran pasir menempel di tangan. Walaupun demikian, Moss Crepe adalah kain yang cukup halus, dan tidak terlalu kasar.

Karakteristik bahan kain Moss Crepe ini cukup tebal, serat kainnya yang rapat dan juga tentu saja tidak menerawang. Berbeda dengan bahan katun Linen Euro yang mempunyai serat besar dan tebal, namun tersusun agak longgar. Jadi, apabila anda perhatikan, mungkin sedikit nerawang.

Bahan kain Moss Crepe sangat nyaman digunakan untuk jilbab dan juga gamis, walaupun ada sensasi sedikit kasar. Entah apakah karena tekstur butiran pasirnya atau memang karena jenis serat kainnya itu sendiri. Berbeda dengan Arabian Crepe, tekstur yang sama tapi lebih halus.

Karakteristik yang lainnya, bahwa kain ini termasuk jenis kain yang jatuh, ringan dan juga tidak mudah kusut. Jika ditarik, maka kain Moss Crepe sedikit elastis serta sedikit lebih elastis daripada kain Bubble Crepe.

Namun  di sini juga admin akan memberikan contoh jenis crape yang lainya, agar anda bisa faham tentang kain crape yang lainya juga:

Jenis bahan kain Crepe adalah sebagai berikut

Admin secara eksklusif telah merangkum secara ringkas tentang bahan kain Crepe. Dengan penjelasan yang juga sudah disertai oleh gambar.

Sehingga, sahabat semua akan gampang memilih serta menentukan pilihan yang tepat pada beberapa jenis bahan kain Crepe ini. Berikut ini, admin akan memberikan contoh jenis kain mosscrepe dan tekstur Crepe yang paling jelas.

  1. Arabian Crepe

Arabian Crepe adalah duplicate dari Moss Crepe dengan grade ada diatasnya. Kain Arabian Crepe yang satu ini memiliki tampilan yang sama persis dengan jenis kain Moss Crepe. Apabila anda sebelumnya belum pernah memegang secara langsung kedua bahan kain Moss Crepe dan juga bahan kain Arabian Crepe ini, maka dijamin pasti ketukar.

Nah, melalui artikel ini admin akan menjelaskan perbedaannya kepada anda.

Bahan kain Arabian Crepe lebih terasa halus, lebih dingin, lebih adem dan juga sedikit lebih tebal daripada Moss Crepe. Harganya pun lebih mahal juga…

Perbedaan Moss Crepe dan Arabian Crepe by Mizutex

Jadi, secara kasat mata keduanya hampir tidak bisa dibedakan. Kalau diraba baru ketahuan perbedaannya. Kuncinya, apabila anda melihat bahan kain Crepe yang mana teksturnya seperti hanya butiran pasir, namun saat anda raba terasa halus dan dingin, maka kain itu sudah dapat di pastikan Arabian Crepe.

Akan tetapi, kalau ternyata setelah diraba terasa agak kasar, tidak lembut dan tidak halus, mungkin itu adalah Moss Crepe yang harganya akan lebih murah.

  1. Bubble Crepe

Bubble Crepe adalah merupakan bahan kain dengan memiliki tekstur seperti kulit jeruk yang sangat nampak dan jelas. Itulah mengapa kain yang satu ini diberi nama kain “Bubble”. Tekstur jeruknya yang sangat terasa saat diraba dan terlihat jelas walaupun dari jarak yang tidak terlalu dekat.

Karakteristik bahan kain Bubble Crepe ini sedikit agak tipis, namun tidak menerawang. Termasuk bahan kain yang jatuh, ringan dan agak melar.

Sangat untuk diketahui, bahwa sifat melar ini terhadap kain Bubble Crepe hanya bersifat semu. Sebab, sebenarnya bahan kain ini tidaklah melar, tapi kok ada yang bilang melar ya?

Iya, kalo menurut hemat saya,sifat  melar yang dimiliki oleh kain Babble Crepe ini sebab dari tekstur jeruknya yang saling melonggar ketika anda ditarik.

Bahan kain Bubble Crepe ini cukup tergolong nyaman dikenakan untuk sebagai bahan jilbab dan juga gamis. Karena ringan, sehingga tidak mudah kusut dan juga tidak bikin gerah ketika dikenakan, walaupun bukan dari jenis bahan kain katun.

Sebagai perbandinganya, maka bahan Bubble Crepe ini adalah merupakan jenis kain crepe yang berada diurutan kedua dari segi keringanannya. Bahkan bobot dari jenis kain ini pun sedikit lebih berat daripada Ceruti atau Baby Doll. Sedangkan Ceruti adalah merupakan jenis kain yang sangat ringan sekali dan juga sangat tipis.

  1. Crezia Crepe

Crezia Crepe adalah salah satu diantara keluarga bahan kain Crepe yang sangat elastis. Hanya inilah bahan kain yang rasanya yang memiliki tingkat elastisitas yang sangat tinggi.

Untuk membuktikan elastisitasnya, anda dapat merenggangkan bahan kain ini secara diagonal, dan bukan secara horizontal ataupun vertikal.

Bentuk tekstur Crepe yang dimiliki oleh jenis kain Crezia ini jika menurut saya paling unik. Sebab, teksturnya membentuk garis-garis yang tersusun dan menyerupai objek wajik. Walaupun tidak terlalu jelas, namun sepintas akan terlihat bentuk wajiknya tersusun.

Karakteristik dari bahan kain Crezia Crepe adalah sangat ringan, jatuh dan tidak mudah kusut. Bahkan jenis kain ini merupakan bahan kain Crepe yang cukup adem saat dikenakan dan memiliki ketebalan yang cukup. Bila dibandingkan dengan Moss Crepe, maka katebalannya kurang lebih saja.

Perlu anda ingat, bahwa Crezia Crepe kainnya sedikit agak transparan, jika dibandingkan dengan Moss Crepe atau Wolly Crepe. Hal ini dikarenakan bahan kain ini seratnya sedikit agak longgar.

  1. Diamond Italiano

Diamond Italiano adalah merupakan jenis bahan kain Crepe yang memiliki tekstur jeruknya seperti Moss Crepe, bahkan jauh lebih sangat jelas lengkungannya. Maka sudah dapat di pastikan, rabaannya akan lebih kasar daripada Moss Crepe. Sebab, rabaan teksturnya sangat kerasa sekali.

Karakteristik dari bahan kain Diamond Italiano adalah ringan, jatuh, dan cukup melar serta lebih melar daripada Moss Crepe. Namun, jika melarnya untuk menandingi Crezia Crepe masih belum sampai.

Bahan kain ini tergolong kain yang sangat tipis dan menerawang. Jika dibandingkan dengan Diamond Georgette, masih lebih halus kain Diamond Italiano ini.

Dan adapun jika ditinjau dari ketebalan kainnya, maka masih lebih tipis dan lebih ringan daripada Crezia Crepe.

  1. Diamond Georgette

Diamond Georgette adalah merupakan bahan kain yang hampir mirip dengan Diamond Italiano. Namun meskipun namanya sama-sama Diamond, tapi bahan kain yang satu ini bukanlah duplicate-nya ya.

Diamond Georgette ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan lo sahabat jika dibandingkan kakaknya Diamond Italiano. Yaitu jenis kain ini memiliki tekstur jeruk yang samar-samar, namun masih terlihat. Jika secara susunan teksturnya, maka hampir sama saja dengan Diamond Italiano.

Karakteristik dari bahan kainnya hampir sama dengan Diamond Italiano, yaitu dengan ketebalan yang kurang lebih saja. namun, bahan kainnya sedikit lebih kasar dari kakaknya, serta kain ini termasuk kain yang cukup melar.

  1. Barbie Ceruti atau Baby Doll

Barbie Ceruti memiliki nama lain yaitu Baby Doll, kain ini adalah bahan kain Crepe yang paling tipis, paling jatuh, paling ringan, dan juga paling transparan. Jenis bahannya tidak elastis dan juga sangat menerawang. Namun harganya pun cukup mahal kalau beli eceran.

Bahan kain Barbie Ceruti ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan Burqah, sebab kainnya yang tipis dan menerawang.

  1. Wolly Crepe

Wolly Crepe adalah merupakan bahan kain Crepe yang tekstur kulit jeruknya paling halus namun tidak nampak, di bandingkan dengan jenis Crepe yang lainnya. Bahkan dapat dikatakan bahwa terkstur Crepe-nya tidak kelihatan.

Bahan kain ini memiliki harga yang sama dengan kain Bubble Crepe. Dengan sejumlah perbedaan nyata pada karakteristik kainnya.

Karakteristik kainnya jatuh, sangat ringan, tidak mudah kusut dan juga sangat nyaman untuk dijadikan sebagai bahan jilbab dan gamis Syar’i. Oleh sebab itu, Bahan kain Wolly Crepe ini sangat banyak sekali peminatnya, karena memiliki banyak keunggulan.

Jenis kain ini memiliki ketebalan yang cukup dan juga kainnya tidak menerawang. Jika kita bandingkan dengan Moss Crepe, maka ketebalannya kurang lebih saja. Akan tetapi, Wolly Crepe ini sama sekali tidak memiliki sifat elastis sedikitpun.

Wolly Crepe adalah merupakan kain yang memiliki serat yang rapat, rabaannya pun cukup halus dan cukup adem. Selain itu harga jual bahan kain ini memang cukup terjangkau ataupun sebanding dengan bahan kain Balotelly, yaitu 50.000/meternya.

  1. Barbie Crepe

Barbie Crepe adalah merupakan kain yang nasibnya sama seperti Arabian Crepe. Yaitu merupakan sebuah duplicate dari saudara kembarnya sesama Crepe.

Jika Arabian Crepe adalah kembarannya dari Moss Crepe, maka untuk Barbie Crepe ini adalah kembarannya Wolly Crepe.

Karakteristik kain Barbie Crepe ini jika dibandingkan dengan Wolly Crepe adalah sama persis. Akan tetapi memiliki spesifikasi atau grade diatasnya.

Bahan kain Barbie Crepe ini lebih adem, lebih dingin dan juga lebih nyaman jika dibandingkan dengan Wolly Crepe.

Perbedaan serat kain Wolly Crepe dan juga Barbie Crepe jika secara kasat mata, sama persis. Baru akan terasa perbedaannya jika sudah kita raba secara langsung.

Barbie Crepe ini memiliki harga yang cukup mahal. Bahkan diluar sana, rasanya akan sulit juga mendapatkan bahan Barbie Crepe ini yang dijual secara eceran. jikapun ada, harganya tentunya akan sangat mahal.

Kelebihan Dan Kekurangan Kain Mosscrepe

Kelebihan Kain Mosscrepe

Bahan moscrepe memiliki beberapa kelebihan. Utamanya bila Anda bandingkan dengan bahan sejenis dengan rentang harga yang sama. Adapun kelebihan dari jenis kain moscrepe ini adalah :

  • Memiliki tekstur kain yang berbutir halus

Kain dengan jenis moscrepe merupakan jenis kain yang sangat lentur. Selain itu jenis kain yang satu ini juga berbutir yang sangat halus. Dengan hal tersebut tentu saja menjadikan siapa saja yang akan menggunakannya akan merasa nyaman dan juga tidak mudah merasa risih.

  • Bahannya tidak mudah kusut

Di sebabkan memiliki bahan yang tidak mudah kusut, maka pastinya sebagai pengguna Anda harusnya lega. Bahkan dengan tanpa disetrika, Anda masih dapat menggunakan baju dengan kain jenis ini dengan lebih percaya diri. Anda juga tidak perlu merasa khawatir sebab bahan ini tidak rapi.

  • Bahan moscrepe tidak transparan

Bahan ini adalah bahan kain yang tidak transparan. Sebab itulah banyak produsen baju muslimah yang saat ini menggunakannya sebagai gamis moscrepe dengan berbagai warna dan juga model yang dapat Anda pilih.

  • Harga bahan cukup terjangkau

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, harga dari kain moscrepe ini ternyata cukup terjangkau. Dengan begitu Anda tetap mampu membelinya dan juga kantong Anda akan tetap aman membeli baju dengan bahan kain ini.

Bahannya sangat mudah didapatkan dan juga hadir ke dalam berbagai pilihan warna

Anda yang senang dengan baju dengan aneka warna, maka anda dapat mempertimbangkan terlebih dahulu untuk menggunakan moscrepe sebagai bahan pilihan Anda. Hal ini karena bahan yang satu ini memiliki beberapa ragam jenis warna. Bahan mosrepe pun terkategori sebagai salah satu bahan yang cukup mudah anda temukan dan juga sangat mudah untuk Anda peroleh.

Kekurangan Bahan Kain Moscrepe

Namun walau terdapat banyak kelebihan dari bahan moscrepe ini, maka pastinya ada juga beberapa kekurangan dari bahan ini. Dan kekurangan kain moscrepe yaitu :

  • Nama warna sama namun kesan berbeda

Ya, walau banyak pilihan warna yang menjadi salah satu kelebihan, maka jika diperhatikan lebih lanjut maka akan semakin banyaknya warna yang menjadikan Anda kesulitan memilih. Terlebih jika produsen satu ke produsen yang lain dengan menggunakan bahan yang sama dan nama warna yang sama ternyata hasilnya akan berbeda.

Misalnya saja Anda membeli kain moscrepe seukuran 2 meter yang akan dijadikan sebagai sebuah baju. Ukurannya ternyata masih kurang untuk Anda. tentunya Anda harus kembali membeli kain moscrepe dengan warna yang sama. Dan saat Anda membeli bahan yang kedua, maka ternyata kemungkinan adanya perbedaan warna terjadi sebab Anda membelinya di dua penjual kain yang berbeda.

  • Hadir dalam beragam tingkat ketebalan

Hal lainnya yang menjadi kekurangan dari kain moscrepe ini adalah dari ketebalannya. Akan tetapi perlu Anda ingat bahwa bahan ini terdiri dari berbagai macam tingkat ketebalan. Ada bahan kain moscrepe yang paling tebal dan sampai yang paling tipis mendekati transparan.

Dengan adanya hal tersebut maka tentunya menjadikan pembeli atau calon pembeli harus selalu memperhatikan dengan seksama dari ketebalannya. Pilih ketebalan yang memang paling pas dengan kebutuhan Anda.

  • Tingkat kualitas kain moscrepe

Jika dilihat dari segi kualitas, ternyata masih banyak orang yang menganggap jika jenis kain ini memiliki kualitas yang kurang bagus. Hal tersebut di sebabkan bahannya tidak sebagus pada bahan katun yang dapat menyerap keringat. Penilaian ini sendiri hadir di sebabkan tingkat sensitifitas kulit dan rabaan setiap orang yang berbeda – beda.

  • Gamis Moscrepe

Kain crape ini sudah tidak di ragukan lagi jika akan di buat untuk menjadi sebuah gamis, sebab memiliki bahan yang nyaman di pakai dan memiliki ketebalan yang sangat pas untuk di jadikan sebuah gamis, demikianlah contoh gambar gamis dari kain moscrape.

Demikianlah artikel tentang kain moscrape untuk anda semua, semoga bisa menambah wawasan anda tentang kain moscrape ini, terima kasih atas kunjangan anda semua.