13 Tips Menjahit Bagi Para Pemula Hingga Menjadi Sukses

13 Tips Menjahit Bagi Para Pemula Hingga Menjadi Sukses – Tak dapat kita dipungkiri, bahwa kegiatan menjahit adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain itu, menjahit juga dapat menjadikan seseorang berkreasi serta mengasah kreatifitasnya, dan yang paling terpenting yaitu mampu dijadikan salah satu sumber penghasilan yang sangat menjanjikan jika di tekuni dengan serius.

Zaman dulu kegiatan menjahit hanya di kerjakan oleh kalangan ibu-ibu rumah tangga saja untuk menghabiskan waktu dirumah, namun seiring dengan berjalannya waktu serta perkembangan teknologi kegiatan menjahit menjadi kegiatan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan termasuk anak muda tentunya. Selain itu, dengan munculnya para desainer-desainer di belakangan ini menjadi bukti bahwa dunia jahit menjahit ini bukan hanya di dominasi kalangan ibu-ibu rumah tangga saja ya gays.

Tips Menjahit Pakaian

Tips Menjahit Pakaian

Hal demikian juga sebab faktor teknologi yang semakin berkembang sehingga kagiatan jahit-menjahit menjadi menyenangkan. Namun pada kenyataannya, untuk bisa menjadi seorang penjahit yang profesional tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, apalagi hanya belajar menjahit otodidak. Keahlian dalam menjahit adalah skil yang sangat membutuhkan waktu dan juga kesabaran untuk bisa menghasilkan karya yang spektakuler.

Hal demikianlah yang lalu menjadikan kebanyakan para pemula di dunia jahit menjahit menjadi angin-anginan pada awal-awal belajar menjahit. Sebab jika anda belajar menjahit hanya dengan cara angin-anginan ini tidak akan bisa menghasilkan jahitan yang maksimal dan khususnya bagi anda yang hanya belajar menjahit otodidak.

Oleh sebab ini, sangat di butuhkan kesadaran yang penuh untuk menghilangkan sifat angin-anginan dalam belajar menjahit otodidak. Setelah anda sudah berhasil menghilangkan sifat belajar yang angin-anginan, maka dijamin anda akan memperoleh hasil yang maksimal.

Ok. Untuk bisa menghilangkan kebiasaan angin-anginan ketika belajar menjahit untuk anda yang pemula, maka berikut ini adalah 13 hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai belajar. 

TIPS MENJAHIT BAGI PARA PEMULA

  1. Perhatikan tempat penjepit benang pada mesin jahit Anda. yang terpenting yaitu saat mulai menjahit maka pastikan penjepit benang tepat berada di atas jarum dan berada pada posisi lebih tinggi sebab jika tidak, maka benang tidak akan terpasang.
  2. Cobalah untuk beberapa tusuk jahitan terlebih dahulu supaya memastikan apakah jarum yang akan Anda gunakan sudah pas pada bahan yang akan anda jahit agar nantinya problem benang macet tidak perlu terjadi.
  3. Ketika menjahit sudut atau lekukan, maka anda jangan pernah menghentikan jahitan di saat jarum berada di atas, keluar dari bahan. Biarkan saja jarum tersebut menempel pada bahan untuk mendapatkan hasil keliman yang sempurna.
  4. Ketika anda melihat benang pada keliman terlalu kencang ataupun kendur, atau di saat jahitan mesin jahit Anda melompat, ulang!
  5. Pastikan untuk selalu memakai jarum yang baru dan tajam sebab jarum yang sudah terlalu sering digunakan dapat mengakibatkan kemacetan pada benang serta dapat merusak bahan yang akan dijahit.
  6. Warna yang berbeda pada sekoci dan juga gulungan benang tidak  masalah, namun pastikan jenisnya sama untuk menghindari adanya kemacetan.
  7. Kemudian mulailah dengan menjahit garis lurus, caranya yaitu anda tidak perlu melihat jarum, namun anda hanya perlu jaga gerakan tetap lurus. Fokus pada mata justru akan dapat membingungkan anda.
  8. Jangan pernah anda membuang sisa kain setelah anda membuat sebuah pola. Gunakan potongan tersebut untuk berlatih. Dan di saat anda belajar menjahit, maka bukan berarti Anda dituntut untuk langsung menghasilkan sebuah jahitan yang sempurna. Sebab mencoba jahitan dengan menggunakan kain bekas akan lebih aman dari pada anda merusak kain yang berharga.
  9. Rutinlah untuk sering periksa gulungan benang pada sekoci Anda. Sebab di saat Anda sedang berspekulasi maka biasanya di tengah jahitan benang akan habis. Maka ketika hal tersebut terjadi lebih baik anda mengganti gulungan benang sebelum benang benar-benar habis, hal demikian agar tidak mengganggu proses menjahit Anda.
  10. Usahakan menjahit dengan jarak 0,5 cm dari tepi kain. Dan ketika sudah mencapai ujung, maka jahit berbalik arah menumpuk jahitan awal dengan sebanyak beberapa jahitan sebelum anda akan menggunting benang. Kemudian menjahit dua kali pada bagian ujung kain dan juga meninggalkan benang agak panjang maka lebih baik dari pada mengunci serta memotong pendek benang.
  11. Dan untuk menghindari hal yang tidak di inginkan atau kegagalan, mulai semua keliman dengan memegang pada ujung benang di tangan kiri terutama pada kain-kain yang berbahan tipis.
  12. Kontrol kecepatan serta bergerak dengan pelan-pelan namun pasti.
  13. Di saat akan menjahit keliman, tekanlah dengan baik supaya jahitan Anda bisa sempurna.

CARA MENGAMBANGKAN USAHA MENJAHIT

Usaha didalam bidang konveksi rumahan seperti hanya jahit ini memang bukanlah usaha yang baru bahkan terbilang sudah dikenal sejak zaman dulu. Hal ini juga di karenakan kebutuhan akan busana yang tidak pernah terhenti sehingga usaha satu ini menjadi usaha uang yang cukup menjanjikan. Dan yang paling terpenting yaitu bagaimana usaha ini bisa meningkatkan kemampuan anda demi terciptanya produk yang memiliki kualitas tinggi. Sebab kualitas dari jahitan serta kenyamanan berbusana merupakan aspek yang sangat penting dari usaha ini. Hal inilah yang menentukan mau tidaknya para konsumen menjadi pelanggan setia jahitan anda.

Selain anda menerima pesanan jahit dari para warga sekitar, seperti seragam siswa dan guru, anda juga dapat memproduksi aneka produk jahitan yang ringan namun memiliki peluang laku yang cukup tinggi. Dan produk tersebut seperti sprei, jilbab, busana muslim, busana batik, aksesoris dan masih banyak lagi yang lain. Anda dapat memasarkannya dengan mendisplaynya dirumah anda ataupun dengan mencoba menjualnya secara online.

Usaha Konveksi Penjahit Baju

Usaha Konveksi Penjahit Baju

Walaupun demikian, usaha yang satu ini tetap harus memiliki sebuah perencanaan yang sangat matang. Sebab dengan adanya rencana, maka saya ibarat seperti hanya kita pergi ke tempat asing tanpa membawa peta. Lalu seperti apa cara mengembangkan usaha jahit supaya dapat untung yang lebih banyak ?

Di bawah ini saya kan menjelaskan perencanaan dalam memulai usaha jahitan sendiri.

6 Cara Mengembangkan Usaha Jahit Agar Sukses

Perlu anda catat, sebelum anda akan menerapkan strategi lanjutan dibawah ini, maka pastikan dulu anda sudah memiliki kunci suksesnya. Dan kunci sukses pada usaha jahit ada pada pemilihan lokasi. Setidaknya untuk kriteria lokasi yang cocok untuk usaha menjahit adalah sebagai berikut ;

  • Lokasi berada dipinggir jalan yang ramai serta dilalui banyak orang.
  • Lokasi area berada di pemukiman penduduk yang padat.
  • Tidak mempunyai saingan dengan radius minimal 1 km.

Setelah lokasi yang sudah anda pilih cocok, barulah anda dapat menerapkan strategi dibawah.

  1. Perluas jangkauan promosi anda

Di dalam dunia usaha, maka promosi adalah sebuah aktifitas yang tidak boleh anda lewatkan. Sebab fungsi dari promosi itu sendiri adalah untuk memberitahukan ataupun mengenalkan sebuah produk atau service yang anda miliki ke banyak orang. Dan hasil dari promosi itu sendiri adalah orang akan bisa tahu serta akan mencoba produk atau service yang sudah kita tawarkan. Tanpa adanya promosi, maka bagaimana bisa orang tahu tentang usaha yang kita miliki ?

Lalu pertanyaanya, bagaimana caranya promosi yang murah, efektif, namun bisa terarah ?

Yang paling mudah yaitu promosikan ke semua orang yang sudah anda kenal bisa keluarga, teman, tetangga, atau siapapun. Nah, dari proses inilah nantinya akan terbentuk sebuah promosi dari mulut ke mulut, akan tetapi proses ini akan berlangsung cukup lama. Maka dari itu Anda harus menambahnya dengan cara promosi dengan cara lain, misalnya saja dengan memasang spanduk atau papan nama yang bisa terlihat dengan jelas didepan tempat usaha jahit anda. Jika jalan tersebut ramai, maka akan lebih banyak orang juga yang melihat spanduk tersebut.

Atau dengan cara lainnya, yaitu anda siapkan lusinan selembaran yang berisi detail usaha anda. Lalu berikan selembaran tersebut ke setiap konsumen yang sudah menggunakan jasa jahit anda kemudian suruh mereka untuk menempelkan selembaran tersebut di rumah mereka, lalu katakan pada mereka bahwa akan mendapatkan komisi apabila ada orang yang datang sebab selembaran yang mereka pasang, nah hal demikian disebut juga sistem affiliasi yang sangat banyak digunakan oleh toko-toko online untuk menggaet costumer lebih banyak lagi. Dan anda pun dapat mencoba hal ini.

  1. Anda dapat manfaatkan internet

Di zaman yang serba digital ini, banyak seseorang lebih lama menggunakan dunia maya daripada didunia nyata. Dan sebagai pemilik usaha, maka anda harus mengantisipasi kondisi ini dengan membuat sebuah promosi online. Namun berbeda hanya dengan promosi yang dilakukan oleh para reseller.

Namun karena usaha Anda menjahit, maka anda harus mempromosikan jasa bukannya produk, jadi promosikan kepada mereka agar mereka menggunakan jasa anda. Contohnya saja anda promosi di grup facebook namun usahakan anggotanya berasal dari kota anda, hindari mempromosikan ke grup yang anggotanya beda provinsi, sebab mereka tidak mungkin datang jauh-jauh hanya untuk menjahit pakaian saja.

  1. Coba targetkan organisasi atau komunitas saat promosi

Biasanya setiap organisasi ataupun komunitas apapun itu mempunyai kostum yang seragam. Dan juga seragam tersebut tidak mungkin bisa dibeli di toko sebab harus sama serta jumlahnya yang banyak. Dan solusinya jelas yaitu dengan menjahit.

Apabila anda mendapatkan pesanan dari sebuah organisasi, maka biasanya akan borongan dengan kata lain anda mendapatkan pesanan yang sangat berlimpah. Oleh karena itu jika ada organisasi atau komunitas didalam kota anda, maka anda dapat menawarkan ke salah satu anggotanya dengan promo serta penawaran yang menarik siapa tahu konsumen tersebut akan membuat kostum lagi dan akan memilih anda sebagai jasa jahitnya.

  1. Bila perlu tambahkan layanan pesan antar

Hal ini mungkin akan sedikit merepotkan, sebab jika anda hanya menunggu sebuah pesanan dari orang lain, mungkin hal tersebut sudah sangat biasa dan juga semua pemilik usaha jahit sudah melakukan hal ini. Oleh karena itu Anda perlu mencoba hal lain agar membuat usaha jahit anda beda dari pada usaha jahit pada umumnya.

Layanan pesan antar ini bisa anda tambahi di lembaran promosi anda nomor yang dapat dihubungi dan tambahkan caption “pesan antar” agar orang yang akan memakai jasa anda tidak perlu repot-repot mendatangi tempat usaha anda. Tinggal menelepon dan ada orang yang mendatangi rumah mereka.

Untuk layanan yang satu ini anda dapat mengenakan biaya tembahan, walaupun lebih mahal banyak orang yang rela keluar uang lebih demi bisa praktis.

  1. Jangan ragu-ragu menambah mesin jahit serta mencari beberapa karyawan

Dari beberapa strategi yang ada diatas, maka anda tidak akan mampu melakukannya kegiatan ini sendirian. Anda hanya perlu menambah aset berupa mesin jahit yang baru serta menambah karyawan baru baik karyawan untuk membantu anda menjahit ataupun karyawan sebagai kurir.

Tapi, dengan banyaknya karyawan akan banyak juga pengeluaran ?

Hal demikian memang benar, namun anda tidak perlu takut dengan pengeluaran yang banyak tersebut, sebab pemasukan yang akan peroleh juga akan lebih banyak.

  1. Lengkapi usaha anda dengan menjual bahan atau pakaian jadi

Tips yang terakhir, anda dapat memperluas usaha anda yaitu dengan cara membuka toko pakaian jadi. Setahun setelah anda membuka usaha ini, maka anda akan mengetahui mayoritas minat pakaian yang banyak disenangi oleh costumer anda.

Jika ada waktu yang luang, maka anda juga dapat menjahit pakaian jadi dan juga menjajakan di ruangan khusus disamping usaha jahitan anda.

Sekian tips singkat tentang cara mengembangkan usaha menjahit agar sukses semoga bisa menambah wawasan kita.

Baca juga : Terlihat Anggun Dengan Tas Dan Baju Senada

Daftar Harga Mesin Jahit Yang Murah

Dan berikut ini kami juga memberikan daftar harga termurah untuk mesin jahit saat ini, sehingga anda bisa memperitungkan biaya modal untuk membeli mesin jahit.

Model / Merk Harga 
Exceed HZL F600 Rp14.800.000
Quilting HZL F400 Rp12.500.000
Quilting HZL F300 Rp12.000.000
Obras MO 735 Rp10.600.000
HZL G210 Rp9.000.000
HZL G110 Rp8.400.000
JUKI DDL 8100e Rp3.500.000
SINGER Heavy Duty 4432 Rp3.210.000
HZL 27Z Rp3.100.000
SINGER Heavy Duty 4423 Rp2.750.000
SINGER Simple 3232 Rp2.300.000
Brother GS2500 Rp1.950.000
SINGER Promise 1412 Rp1.880.000
SINGER 8280 Rp1.850.000
Butterfly JH5832A Rp1.720.000
Butterfly JH8530A Rp1.649.000
SINGER Start 1306 Rp1.600.000
Brother JA1400 Rp1.390.000