7 Model, Jenis Kain Dan Tips Mudah Menjahit Kebaya

Pengertian Kebaya

Kebaya adalah pakaian yang selalu lekat dengan kaum hawa di era ’80-an hingga saat ini. Perbedaannya yaitu jika zaman dulu model kebaya ini didominasi dengan desain yang sangat sederhana, maka di era millenial seperti saat ini mampu dibentuk ke dalam tampilan yang lebih modern.

Model baju kebaya yang memiliki tampilan modern pun tidak hanya dikenakan oleh kalangan biasa saja, melainkan juga kenakan oleh para artis tanah air hingga tokoh terkenal Nusantara.

Banyak yang memiliki anggapan bahwa setiap kebaya yang dikenakan menjadi gambaran kepribadian sang pemilik saat berpenampilan di muka umum.

Oleh sebab itu, maka sebaiknya Anda mulai menentukan pola dan juga desain kebaya yang akan anda pilih. Dan di sini kami akan memberikan beberapa bahan referensi kebaya yang bisa anda pilih, berikut model kebayanya:

Macam Model Kebaya Kutu Baru Dan Modern

Model Kebaya Kutu Baru

Kebaya kutu baru adalah salah satu jenis kebaya klasik yang saat ini menjadi sebuah trend di berbagai kalangan. Kutu baru ini sendiri adalah lapisan kain yang menghubungkan lipatan pada bagian tengah kebaya. Jenis kebaya klasik ini sudah dikenakan sejak zaman dulu, dan salah satu pengguna kebaya kutu baru ini adalah ibu negara kita.

Walaupun kebaya ini dikenal sebagai pakaian resmi yang formal, namun dengan seiring perubahan zaman model kebaya ini juga mengalami perubahan dan juga modernisasi. Kebaya kutu baru yang modern ini lebih cenderung menampilkan kesan yang elegan dan juga angun namun tetap simple serta sederhana.

Banyak para desainer bertalenta tanah air yang terus melakukan inovasi pada jenis kebaya ini menjadi lebih modern. Dan yang terbaru kali ini adalah model kebaya modern yang memiliki ragam tersendiri, mulai dari lengan yang panjang, lengan pendek, kombinasi dengan menggunakan bahan batik dan lain sebagainya.

Untuk sekala nasional sendiri ada banyak sekali perancang busana kebaya kutu baru ini yang terkenal, dan salah satunya adalah vera anggraini yang mana dia sudah lama melintang dalam membuat desain kebaya kutu baru ini yang dapat dikenakan dalam sebuah acara fashion show misalkan.

Sahabat dapat melihatnya beberapa desain dibawah ini, dan tentunya sudah memadukan unsur tradisonal dan juga modern di dalamnya. Di bawah ini adalah model kebaya modern yang sudah kami rangkum khusus untuk para sahabat semua.

Model Kebaya Kutu Baru Terbaru

Model Kebaya Kutu Baru Terbaru

Model Kebaya Modern

Model baju kebaya modern ini sendiri tidak hanya dikenakan oleh kalangan biasa saja, melainkan juga di kenakan oleh para artis tanah air hingga berbagai tokoh terkenal yang ada di Nusantara.

Banyak yang beranggapan bahwa setiap kebaya yang dikenakan oleh seseorang menjadi gambaran identitas atau kepribadian sang pemilik ketika berpenampilan di muka umum. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mulai menentukan pola dan juga desain kebaya yang akan anda pilih.

Model Kebaya Modern Elegan Terbaru

  1. Model Baju Kebaya Modern Desain Lengan Pendek

Model kebaya lengan pendek juga dibagi menjadi beberapa jenis model. Bisa menjadi sepertiga lengan atau memang seperempat mendekati pundak, tergantung kapan model kebaya ini akan dikenakan.

Namun umumnya model kebaya modern seperti ini lebih cocok dikenakan ketika akan menghadiri acara pesta pernikahan yang berkonsep outdoor.

Gambar Model Baju Kebaya Modern Desain Lengan Pendek

Gambar Model Baju Kebaya Modern Desain Lengan Pendek

  1. Kebaya untuk Wisuda

Kebaya wisuda tidaklah harus ramai dengan aksesoris atau pernik, karena akan membuat tubuh terasa panas dan mudah berkeringat. Alangkah baiknya selain fokus pada proporsi badan juga memperhatikan bahan dasar pembuatannya. Seperti kebaya di atas yang bisa di-mix dan match dengan bawahan batik minim corak tetapi agak gelap.

Gambar Kebaya Wisuda

Gambar Kebaya Wisuda

  1. Kebaya Brocade Prada Lace

Jenis seperti ini memang terbilang sederhana, tetapi bagi mereka orang gemuk akan membuat tampilan tubuh terlihat mungil dan cute. Apalagi jika ditambah dengan model rambut yang alami atau tergerai sedikit ombre.

Gambar Kebaya Brocade Prada Lace

Gambar Kebaya Brocade Prada Lace

  1. Kebaya Muslimah

Para wanita muslimah juga bisa mengenakan kebaya modern dengan warna-warna pastel agar tetap cantik tanpa harus tampil mencolok tetapi tetap anggun.

Mungkin jika Anda seorang pemakai hijab, maka pilihlah kebaya yang berlengan panjang atau full, dan tidak terlalu ketat seperti gambar di atas.

Gambar Kebaya Muslimah

Gambar Kebaya Muslimah

  1. Kebaya Baru untuk Pengantin

Desain dari model baju kebaya modern untuk pengantin muslimah tidak potongan, melainkan satu arah atau full body. Seperti pada gambar di atas yang tampak elegan dan membuat sang mempelai wanita sangat cantik.

Kebaya Baru Untuk Pengantin

Kebaya Baru Untuk Pengantin

  1. Gaya Retro

Semua perempuan bisa mengenakan kebaya modern dengan gaya retro, bahkan muslimah sekali pun. Model seperti ini akan membawa Anda kembali mengenang masa lampau tanpa lepas dari kesan modern dan unik.

Kebaya Gaya Retro

Kebaya Gaya Retro

Jenis – Jenis Kain Kebaya

Kini sesuai dengan berkembangnya mode, model kebaya tidak lagi menggunakan bahan kain organdi, kain brokat, atau kain koal halus, bahan model kebaya saat ini makin bervariasi mulai dari kain tule, sifon, maupun lace. Dan berikut ini ada beberapa jenis kain kebaya yang akan menjadi pilihan untuk menjahit kebaya anda.

  • BROKAT

Kain brokat yang terkenal glamor ini memang banyak dipakai sebagai bahan kebaya. Brokat terdiri dari 3 jenis , yaitu brokat semi Prancis, brokat Prancis, dan juga brokat lokal. Dan jenis brokat yang terbaik adalah brokat Prancis, akan tetapi saat ini Indonesia pun sudah mampu memproduksi kain brokat dengan kualitas yang cukup bagus. Kebaya yang dirancang dari bahan kain brokat sangat cocok untuk dijadikan jenis pakaian malam yang sangat mewah. Brokat bukanlah bahan renda, dan juga bukan bordir, atau kain lainnya. Brokat merupakan jenis kain yang sangat kaya dengan adanya dekorasi atau bisa juga di katakan tanpa benang emas dan juga perak. Brocade berasal dari akar kata yang mirip dengan brocolli, yang berasal dari kata Italia broccato yang berarti kain yang di embos. Kerap kali brokat ini menampilkan pola yang rumit misalnya tanaman, bunga-bunga, serta unsur-unsur alam lainnya.

  • KATUN

Katun adalah jenis kain yang paling kerap dijadikan bahan kebaya dari dulu dan sampai sekarang. Bahannya yang sangat lembut serta tidak panas menjadikan jenis kain ini di favoriti para perempuan pemakai kebaya. Jenis kain ini juga sangat mudah diaplikasikan seperti dijahit dan juga dibordir. Dengan tekstur yang sangat lembut maka akan gampang menyerap keringat, sehingga sangat cocok digunakan untuk kebaya encim.

Berikut beberapa ciri kain katun :

– mudah kusut

– mudah menyerap keringat

– serat benang kurang halus

– bahan terasa dingin dan sedikit kaku

– rentan terhadap jamur

– pakaian atau kain katun akan rusak jika direndam lebih dari 2 jam dalam detergen

  • ORGANDI/ORGANZA

Organdi memiliki tekstur yang lembut dan juga berkilau, namun bisa menahan bentuknya serta cocok untuk menimbulkan efek volume ataupun puffy. Tekstur dan juga warnanya akan mampu memberi kesan yang mewah serta cocok untuk kebaya pesta ataupun untuk kebaya pengantin. Jenis kain ini tidak mampu menyerap keringat dengan baik dan lebih kaku dari pada kain katun. Namun banyak juga yang menjadikan kain organdi ini sebagai kebaya sebab dapat menimbulkan kesan yang tidak kalah mewah dibandingkan dengan brokat.

Jenis kain organdi ini biasanya tipis sebab terbuat dari tenun sutra. Namun saat ini jenis kain organdi modern juga dapat dibuat dari serat filamen sintetik seperti nilon atau poliester. Kain organdi ini sering digunakan untuk membuat pakaian pengantin dan juga busana malam. Selain itu, jenis kain organdi ini juga dapat anda pakai untuk interior rumah misalnya untuk tirai. Di pasaran kain organdi ini tersedia dalam bentuk yang polos maupun bermotif.

  • TAFFETA

Taffeta adalah jenis kain kebaya yang ditenun dari sutra atau serat sintesis yang sangat halus. Berasal dari bahasa Persia yang berarti tenunan yang memutar. Kain jenis ini kerap dianggap jenis kain yang mewah sebab sangat cocok digunakan untuk gaun pesta dan juga pernikahan. Serat benang taffeta ini jauh lebih kaku jika dibandingkan dengan kain organdi. Pada awalnya taffeta diproduksi dengan alat tenun yang manual, namun tetapi sejak tahun 1990, kain ini sudah dapat dihasilkan oleh alat tenun mesin di daerah Bangalor. Negara Cina serta negara-negara di Timur Tengah juga sudah mampu menghasilkan kain taffeta ini. Akan tetapi kain yang dihasilkan tidak pernah sebagus buatan India yang saat ini masih mendominasi dalam produksinya. Penghasil kain taffeta yang paling terbaik masih di pegang oleh Prancis, Italia, dan juga Inggris. Kain taffeta termasuk jarang digunakan untuk mendesain kebaya selain memiliki harga yang relatif lebih mahal, juga susah untuk dibentuk. Namun, setelah dikombinasikan dengan jahitan bordir, maka kebaya yang dihasilkan akan sangat unik dan juga elegan.

  • SATIN

Satin adalah jenis kain yang juga ditenun dengan menggunakan teknik serat filamen sehingga mampu menghasilkan cirikhas pada permukaanya yang mengkilap dan juga licin. Bagian dalam atau belakang pada permukaanya sebaliknya yaitu tidak licin dan juga tidak mengkilap. Walaupun kain satin dan sutera memiliki beberapa ciri khas yang nyaris mirip, namun keduanya menggunakan bahan serat yang sedikit berbeda. Satin di tenun dengan menggunakan serat buatan seperti poliester, sedangkan sutra menggunakan serat yang alami yaitu ulat sutera. Alhasil, walaupun keduanya terasa lembut dikulit, namun satin memiliki permukaan yang lebih kilat dan juga licin, sementara sutera lebih halus dan juga sangat ringan.

Satin digemari terutama sebab dapat membuat si pemakainya terlihat glamor, sensual, dan juga lebih feminim. Satin yang mengkilap ini dipercaya akan membawa pikiran ke alam fantasi dibandingkan bahan dari kain biasa. Sebelumnya, kain satin telah banyak digunakan sebagai bahan untuk busana pesta dan juga untuk pakaian tidur atau piyama. Namun Harga kain satin ini sangat terjangkau, oleh karenanya kain ini banyak diminati untuk dijadikan bahan kebaya.

  • TULLE

Kain tulle termasuk dari salah satu kain yang sangat ringan dan juga berbentuk jala dengan lubang yang kecil. Dahulu jenis kain ini hanya dikenakan oleh pengantin atau penari balet, akan tetapi saat ini kain ini sudah sering digunakan sebagai kombinasi untuk model busana yang lebih modern. Kain tulle terbuat dari berbagai serat, seperti rayon, nilon, dan juga sutra. Kain tulle termasuk pilihan favorit untuk bahan kebaya sebab sangat mudah untuk diaplikasikan dengan payet dan juga bordir. Selain itu jenis kain ini sangat mudah membentuk siluet tubuh serta menjadikan busana kebaya yang anda kenakan terlihat anggun dan juga menawan. Kain tulle memiliki bermacam warna dan jenis, mulai dari yang kaku sampai yang lembut bahkan saat ini pun tersedia kain tulle yang bertabur glitter sehingga mampu memberi kesan yang berkilau. Kain tulle yang memiliki karakter ringan, kuat dan juga tahan lama.

Penjahit Kebaya

Penjahit Kebaya

Tips Menjahit Kebaya

Tips Menjahit Kebaya Brokat Sederhana

Ada banyak orang yang mungkin bisa dengan mudah menjahit pakaian sendiri. Akantetapi belum tentu mereka bisa menjahit kebaya sendiri. Sebab ternyata menjahit kebaya ini memang sangat membutuhkan ketrampilan tersendiri. Selain itu, tentunya memang ada beberapa tips tersendiri dalam menjahit aneka model kebaya brokat. Jika anda ingin mencoba menjahit kebaya brokat sendiri dirumah, namun sebelum itu, anda harus tahu beberapa tips menjahit kebaya brokat sederhana seperti berikut ini.

Ketika anda menjahit brokat yang memiliki daya mulur yang cukup tinggi, maka ada baiknya anda memberikan garis atau pola di bagian bahu dan juga pada bagian badan lainnya dikurangi 1 cm dari ukuran pola yang sudah dibuat pada media kertas sebelumnya.

Apabila sudah, maka hasil yang diberikan untuk ukuran badan diperoleh secara keseluruhan berkurang 4 cm. Hal demikian sangat penting agar baju yang di buat bisa pas dan sesuai dengan bentuk tubuh anda.

Sebab brokat memiliki tekstur yang berpori tipis maka di saat anda membuat garis rader hindari penggunaan rader yang bergerigi agar bisa minimalisir kerusakan pada kain brokat itu sendiri.

Dalam membuat model kebaya dari kain brokat maka sebaiknya anda menggunakan kampuh balik ataupun kampuh kostum untuk menjahit pada bagian tertentu. Sehingga jahitan yang dihasilkan akan terlihat lebih rapi dan juga lebih indah dari luar. Gunakan alas yang berupa kertas atau koran pada bagian bawah kain kebaya, agar hasil jahitannya tidak mengkerut.

Menjahit kebaya brokat ini memang tidak gampang jika di bandingkan menjahit kain lainnya, apabila anda sudah menyelesaikannya, maka sebaiknya anda jangan menyetrika kebaya brokat ini. Alasannya kain brokat ini tidak tahan dengan panas.

Sekian dulu pembahasan kita tentang model kebaya, semoga ulasan kita tentang kebaya bisa menambah wawasan anda dan menjadi bahan referensia anda, terima kasih telah berkunjung di blog kami, sampai jumpa di blog kami selanjutnya dengan ulasan yang berbeda.