5 Model Hijab Yang Makin Populer Dan Modis

Hijab adalah kata yang berasal dari bahasa Arab yang berarti “penghalang”. Pada beberapa negara yang berbahasa Arab dan juga negara-negara Barat, kata hijab sering kali merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim. Akan tetapi di dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk pada tatacara berpakaian yang pantas dan sesuai dengan tuntunan agama.

Di dalam Al Qur’an di dua surat Al-Ahzab :59 disebutkan bahwa kewajiban wanita muslim menggunakan hijab:

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, dan juga anak-anak perempuanmu serta isteri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka itu mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuhnya mereka”. Yang demikian itu agar mereka itu lebih mudah untuk dikenal, sebab itu mereka juga tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Model Hijab

Seperti model busana, bahwa setiap tahunnya trend model hijab pun mengalami pergantian. Bisa dikatakan di tahun 2019 ini model hijab yang telah hadir cukup beragam,  jika di tahun sebelumnya  print scarf yang playful ramai dikalangan hijabers maka untuk saat ini hijab dengan motif klasik feminin seperti floral dan juga paisley menjadi pilihan para kaum perempuan.

Model hijab yang terbaru yang menyulap penampilan para perempuan menjadi lebih ekstra dengan detail asimetris saat ini pun telah banyak diandalkan oleh para hijabers. Yup, namanya juga dunia fashion maka sebuah trend nggak cuma hadir dari fashion item terbaru, model yang sempat hits sebelumnya pun dapat kembali nge-trend salah satunya seperti hijab segi empat yang memiliki warna pastel yang tahun lalu juga banyak diminati para kaum hawa.

Selain hijab dengan motif klasik feminin serta hijab segi empat warna pastel, inilah 3 model hijab yang terbaru lainnya yang sedang nge-trend juga dikalangan fashion influencer hijab. Yup, dapat kamu investasikan untuk di gunakan buka puasa bersama atau pas Lebaran nanti lho! Langsung simak yuk model-model hijab di bawah ini.

  1. Hijab segi empat warna pastel

Warna-warna yang manis satu ini hingga saat ini masih banyak diminati para hijabers. Warna pastel seperti nude, salmon pink, baby blue, hingga mint green menghasilkan total look yang lebih chic. Hijab dengan memiliki warna pastel sangat cocok untuk dipadu-padankan dengan warna senada ataupun warna yang netral seperti putih. Warna menggemaskan yang satu ini bisa anda kenakan untuk semua personal style lho!

Hijab Segi Empat

Sumber : wolipop(.)detik(.)com

  1. Hijab layering

Nah, model hijab yang terbaru lainnya dan nggak kalah nge-trend di tahun 2019 ini adalah hijab yang bergaya layering. Karena model hijab yang satu ini sudah terkesan statement sehingga anda dapat menetralkan dengan fashion item yang polos. Cara pemakaiannya yaitu anda bisa mengaplikasikan hijab milikmu dengan cara bertumpuk. Model kedua hijab ini bisa disesuaikan dengan occasion yang ingin dihadiri, untuk yang formal anda bisa mengandalkan hijab yang berbahan satin ya. Dan Sedangkan untuk sehari-hari anda bisa mengenakan bahan voal untuk tampilan yang lebih santai.

Hijab Layer

Sumber : Youtube(.)com

  1. Hijab asimetris

Apakah anda termasuk yang suka dengan tampilan edgy chic? Sebab model hijab ketiga ini sangat pas banget jadi pilihanmu. Nah, hijab dengan model asimetris ini mulai booming di tahun 2019 ini. Detail salah satu sisi yang lebih panjang ini akan mampu memberikan kesan yang lebih ekstra pada penampilanmu. Model hijab ini bisa anda kombinasikan dengan busana pleated skirt, midi dress, serta sneakers trendi lho.

Model Hijab Asimetris

Sumber : wolipop(.)detik(.)com

  1. Hijab street style

Nah, jika membahas hijab street style terkesan lebih boyish serta kekinian. Gaya berbusana keempat ini juga banyak difavoritkan oleh para millennials. Hijab yang berbahan spandex ini dapat anda jadikan pilihan. Tinggal pasangkan dengan celana cargo, T-shirt, sneakers serta aksesori topi, dengan demikian maka penampilanmu akan langsung berubah menjadi kids zaman now.

Model Hijab Street

Sumber : outfittrends(.)com

  1. motif klasik nan manis

Terakhir, model hijab terbaru yang menjadi sebuah referensimu di tahun 2019 ini adalah model hijab segi empat dengan memiliki motif-motif yang manis seperti bunga ataupun paisley. Motif manis ini sangat cocok dikombinasikan dengan busana warna-warna pastel.

Model Hijab Segi Empat Klasik

Sumber : lazada(.)co(.)id

Cara Memilih Hijab

Di karenakan Hijab ini merupakan penutup kepala atau kerudung yang digunakan oleh para wanita muslim. Selain itu juga hijab pun kini sudah menjadi trend di kalangan masyarakat. Maka tidak menutup kemungkinan juga seringkali kita juga melihat para perempuan bingung untuk memilih model hijab yang sekiranya cocok dengan bentuk wajahnya, sebab dengan memilih model hijab yang cocok mereka akan semakin mempesona saat mengenakan hijab tersebut.

Oleh karena itu para perempuan pun perlu sebuah referensi dalam menggunakan hijab di setiap aktivitas agar semakin percaya diri ketika mengenakannya. Melalui artikel ini kami akan memberi saran untuk para perempuan yang mengenakan hijab agar sesuai bentuk wajah:

Gambar Bentuk Wajah

Gambar Bentuk Wajah

  1. Wajah lonjong

Jika anda memiliki bentuk wajah yang lonjong, maka sebaiknya jangan mengikat rambut terlalu tinggi. Sebab hal tersebut akan menjadikan kesan wajah semakin lonjong. Pilihlah jilbab yang memiliki bahan tebal sehingga wajah anda terlihat berisi.

Dan gunakanlah jilbab model Turki yang hanya memerlukan jilbab segi empat dan juga inner ciputnya dipasang menutupi sebagian dahi anda. Sedangkan bahan spandek ini sangat cocok untuk menyempurnakan penampilan anda.

  1. Wajah Bulat

Wajah yang bulat memerlukan tampilan supaya tidak terlalu terlihat chubby dengan model kerudung abstrak. Selain itu, anda membutuhkan ciput sebagai daleman jilbab. Hindari mengenakan kerudung yang modelnya melingkar sebab akan terkesan semakin bulat pada wajah anda. Pilihlah juga jilbab yang berbahan chiffon yang licin dan kaku supaya membingkai wajah serta menyamarkan pipi yang tembem.

  1. Wajah tirus

Untuk bentuk wajah yang tirus, gunakanlah model jilbab tumpuk atau layering. Mengenakan layering dan bermotif warna terang di sisi samping jilbab supaya wajah terkesan semakin berisi. Alangkah lebih baik jika bahan jilbab yang dipilih adalah satin ataupun silk. Dan untuk yang berwajah tirus gunakanlah model jilbab turban, sebab perpaduan area tulang pipi, dagu, dan juga telinga dapat menampilkan tulang pipi tanpa terlihat tirus.

  1. Wajah Segitiga

Sebaiknya pergunakan model jilbab bentuk ninja. Pilihan lainnya anda dapat memakai kerudung dengan model garis ditarik sejauh mungkin ke arah belakang hingga bertemu dengan tengkuk. Gunakanlah juga ciput yang berukuran kecil hanya sampai atas telinga saja sehingga wajah anda akan terlihat oval. Untuk menghindari kesan dahi anda yang lebar, anda dapat membentuk bagian depan bandana dari pelipis dekat alis menjadi kurva yang sempurna.

  1. Wajah Kotak

Bagi anda yang memiliki wajah kotak maka anda bisa menggunakan jilbab model rounded shape ya? Sebab dengan model jilbab ini anda akan dapat memperhalus garis-garis yang dibentuk rahang dan juga menyamarkan bentuk wajah yang kotak.

Pilihan lainnya yaitu anda bisa menggunakan model jilbab undercaps, kemudian memilih bagian atasnya lebih tebal dengan menarik garis kerudung ke bagian pipi yang nantinya berguna menutupi sebagian pipi. Sebaiknya anda menghindari warna jilbab yang terlalu terang dan juga memilih jilbab yang berbahan soft chiffon tanpa motif.

Nah, sudah tahu kan pemgertian hijab, model-model hijab dan cara memilihnya, semoga artikel di atas benar-benar bisa bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas kunjunganya.

Baca juga : Mengenal Tipe Pakaian Wanita Yang Cocok Sesuai Bentuk Tubuh